Rabu, 24 Februari 2010

Tiga Ikon Jatim Bertarung ke Ajang Cagar Budaya Unesco


Pemprov Jatim mengirimkan 3 cagar budaya untuk didaftarkan di Unesco Asia-Pasific sebagai cagar budaya internasional. Ketiga cagar budaya yang didaftarkan ini diajukan karena bentuknya yang masih asli dan memiliki dokumen yang lengkap.

Ketiga cagar budaya itu yakni RS Darmo di Jalan Raya Darmo, Katedral (Gereja Santa Perawan Maria) di Jalan Kepanjen, dan Hotel Majapahit di Jalan Tunjungan. Ketiganya akan dikompetisikan dalam 2010 Asia-Pasific Heritage Awards for Cultural Heritage Conservation di Bangkok, Thailand, bulan April mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jatim, Djoni Irianto kepada detiksurabaya.com menjelaskan bahwa tiga ikon itu sudah melalui proses penjaringan oleh internal Disparta Jatim. Seleksi ini juga melibatkan akademisi, sejahrawan dan budayawan.

"Dalam seleksi itu kami menerima ratusan cagar budaya dan mendapatkan 3 cagar budaya yang bentuknya masih asli, dan memiliki dokumen yang masih sangat lengkap," kata Djoni Irianto, via telepon selulernya, Rabu (24/2/2010).

Dokumen pengajuan 3 cagar budaya yang keseluruhan berada di Surabaya itu sudah dikirimkan ke Unesco perwakilan Jakarta kemarin, Selasa (23/2/2010). Nantinya dari Jakarta akan dikirimkan untuk mengikuti pemberian anugerah itu.

Ajang itu nantinya akan bertarung dengan cagar budaya se-Asia Pasific. Untuk itu, dia meminta kepada semua pihak agar bersabar menunggu hingga mendapatkan kabar dari Unesco karena tanggal penentuan anugerah itu sendiri belum diketahui.

"Kalau saya mendapatkan kabar dari Unesco berarti kita mendapatkan anugerah itu," tambahnya.


http://id.news.yahoo.com/dtik/20100224/tid-tiga-ikon-jatim-bertarung-ke-ajang-c-b1ae096.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar